Kegiatan Transplantasi Terumbu Karang Desa Sungai Dua Laut Tanah Bumbu


Transplantasi terumbu karang mempunyai pengertian sebagai salah satu teknik pelestarian (rehabilitasi) terumbu karang yang semakin terdegradasi dengan teknik pencangkokan.

Tujuan Transplantasi pada dasarnya adalah untuk pelestarian ekosistem terumbu karang.

Transplantasi terumbu karang berperan dalam mempercepat regenerasi terumbu karang yang telah rusak. Atau untuk membangun daerah terumbu karang yang baru yang sebelumnya tidak ada.

Teknik dan prosedur pelaksanaan transplantasi terumbu karang mesti disesuaikan dengan tujuan transplantasi karang itu sendiri.Hal itu dilakukan sebagai upaya rehabilitasi.

Saat ini transplantasi karang juga telah dikembangkan lebih jauh untuk mendukung pemanfaatan yang berkelanjutan.

Pada Minggu, 28 Agustus 2017 kemarin, Pemuda Pecinta Alam Kabupaten Tanah Bumbu dan Komunitas Fastabiqul Khairat menanam 60 bibit karang di perairan Desa Sungai Dua Laut, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu.

Ketua Pelaksana Kegiatan dari PPA Tanbu, Desy Indah Saputri, mengatakan Mengapa kegiatan tersebut memilih pantai Sungai Dua Laut, karena di perairannya terdapat 10 titik karang dan juga tidak kalah dari Pantai Angsana yg punya satu titik yaitu karang batu anjir, namun sayangnya jarang di kembangkan sehingga bisa rusak oleh arus dan juga di tabrak kapal yang lalu lalang jika air tidak pasang. 

Inti dari kegiatan ini yaitu mengembalikan fungsi ekosistem karang yang rusak sehingga dapat mendukung ketersediaan jumlah populasi ikan karang di alam. Transplantasi karang juga dimanfaatkan untuk membuat lokasi penyelaman (dive spot) menjadi lebih indah dan menarik.

Untuk memperlancar kegiatan, PPA Tanbu menggandeng Ketua IPKANI Tanah Bumbu, Eko Prio Raharjo, S.pi sebagai pemandu peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, dia sudah lama malang melintang di dunia transplantasi terumbu karang sejak tahun 2007.

Eko Prio Raharjo juga menjelaskan tentang teknis kegiatan di laut yaitu cara memasang peralatan selam baik dari masker, snorkel dan lain-lain, dan dia menghimbau kepada seluruh pemuda dan masyarakat agar tetap melestarikan alam seperti mengenal dan merawat terumbu karang.

Harapan ke depannya, semoga pantai Sungai Dua Laut nantinya menjadi daya tarik, sehingga dapat mendorong kenaikan jumlah wisatawan di Kabupaten Tanah Bumbu. (Irawan Hary Rustaman)

0 Response to "Kegiatan Transplantasi Terumbu Karang Desa Sungai Dua Laut Tanah Bumbu"

Loading...